Berbelanja Sambil Keliling Indonesia di UKM Gallery – Smesco

Belakangan ini melancong alias traveling tengah menaikkan pamornya dari level gaya hidup menjadi kebutuhan. Tak heran jumlah pelancong makin meningkat karena alasan pekerjaan atau keperluan pribadi. Berwisata adalah salah satu faktor yang paling dominan. Maka foto atau video menjadi semakin kuat peranannya sebagai bukti legitimasi atas aktifitas pelancongan tersebut bagi pelakunya. Namun ada juga hal lain yang berfungsi sama seperti dokumentasi visual tadi, oleh-oleh, disamping fungsi utamanya sebagai pemberian kepada orang lain. Di sisi lain buah tangan juga memiliki peranan bagi daerah tujuan pelancongan. Setidaknya ada dua hal, sebagai penggerak ekonomi dan  bukti eksistensi daerah tersebut kepada daerah lain, dalam hal ini tempat asal si pelancong. Itu kenapa oleh-oleh juga ikut menaikkan nilainya, seperti halnya traveling itu sendiri.

DSC07650_edit.jpg DSC07651_edit.jpg DSC07655_edit.jpg

DSC07699_edit.jpg

Wilayah Indonesia yang luas memberikan kekayaan budaya dan tradisi termasuk buah tangan. Tapi di sisi lain juga memunculkan tantangan tersendiri. Bagaimana cara mendapatkan berbagai buah tangan khas daerah tanpa harus mendatangi satu per satu daerah tersebut? Setidaknya pertanyaan tersebut bisa saja muncul di benak para wisatawan mancanegara yang sudah mengerti bahwa Indonesia itu bukan sekedar Bali. UKM Gallery – Smesco yang terletak di SME Tower, Jl. Jend Gatot Subroto kav 94, Jakarta, adalah bentuk inisiatif Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah untuk menjawab tantangan itu. Smesco Indonesia berada dibawah naungan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) yang dipimpin oleh Ahmad Zabadi selaku direktur utama. Kepanjangan dari Small Medium Enterprises Cooperatives, wahana yang diresmikan pada tahun 2009 ini didirikan dengan tujuan memudahkan konsumen yang ingin mendapatkan produk-produk hasil karya UKM dari seluruh Indonesia dengan menghemat waktu dan tenaga sekaligus mempromosikan UKM dan daerah asal kerajinan tersebut.

Saat ini ada di Smesco terdapat 33 anjungan yang mewakili hampir semua propinsi di Indonesia, minus Kalimantan Utara yang baru saja resmi menjadi propinsi tersendiri pada 2014 yang lalu. Ada juga stand mandiri di luar anjungan propinsi. Penyumbang produk-produk tersebut adalah para UKM binaan Kementerian Koperasi dan UKM. Di berbagai anjungan dan stand tersebut pengunjung dapat menemukan begitu banyak kerajinan yang didatangkan langsung dari daerah asal. Tak heran jika berkunjung kesini serasa sedang berkeliling Indonesia yang diwakili hasil cipta karya manusianya.

DSC07656_edit.jpg DSC07665_edit.jpg DSC07669_edit.jpg DSC07675_edit.jpg

Tipe karya yang dipajang juga sangat bervariasi mulai dari baju, kain, makanan, furnitur, pernak-pernik, dekorasi, asesoris, ukiran, dan lain-lain. Wastra (kain) nusantara masih menjadi andalan. Hampir semua anjungan memiliki kain atau produk turunannya seperti baju sebagai produknya. Batik, kain sasak, kain songket adalah beberapa jenis wastra populer yang ikut mengisi. Selain itu ada juga produk makanan yang ramai mewarnai. Namun keunikan justru banyak dimunculkan oleh barang-barang dekorasi asesori seperti topi Ti’i Langga di anjungan propinsi NTT dan furnitur yang menggabungkan unsur modern dengan tradisional.

DSC07660_edit.jpg DSC07664_edit.jpg DSC07691_edit.jpg

DSC07693_edit.jpg DSC07682_edit.jpg

Satu lagi yang menjadi keunggulan UKM Gallery – Smesco adalah harganya yang terjangkau. Bayangkan saja ketika bisa membeli gelang dengan harga kurang dari sepuluh ribu rupiah. Ada juga ukiran kayu asal Jepara berukuran cukup besar yang begitu detil dijual dengan harga kurang dari lima puluh juta rupiah. Seorang pecinta seni dengan finansial lebih dari cukup tak akan berpikir panjang untuk membeli dan memajangnya di ruang kerja atau ruang tamu sebagai simbol kesuksesan. Menurut penuturan Bagus Rachman, direktur bisnis dan pemasaran Smesco, harga-harga yang ramah dompet ini memang dimungkinkan karena pihak Smesco tidak memungut keuntungan. Nilai rupiah yang tercantum adalah langsung dari pemilik produk.

DSC07724_edit.jpg DSC07720_edit.jpg DSC07719_edit.jpg DSC07703_edit.jpg

Pengunjung yang datang juga dapat mencoba berbagai kuliner khas Indonesia ketika pihak Smesco mengadakan berbagai acara dan mengundang para pedagang makanan untuk membuka lapaknya. Lengkap sudah. Lokasi yang mudah dijangkau, koleksi produk yang bervariasi, harga yang murah dan diakhiri dengan perut kenyang. UKM Gallery – Smesco memang menawarkan “pengalaman” mini berkeliling Indonesia. Sangat cocok bagi mereka yang memiliki teman dari luar negeri untuk mengenalkan Indonesia melalui hasil olahan tangan. Bisa jadi ada produk yang cocok untuk dijadikan bukti legitimasi kunjungan ke Indonesia. Atau juga yang ingin sekedar window shoping untuk melihat lebih banyak kreasi Indonesia.

smesco building 2_edit.jpg smesco peta.jpg

UKM Gallery – Smesco Indonesia

SME Tower

Jl. Jend Gatot Subroto kav 94, Jakarta Selatan, 12780

Ph           : 021 – 2753 5454

email     : info@smescoindonesia.com

web        : smescoindonesia.com

Waktu operasional : setiap hari, 10.00 – 21.00 WIB

Indonesian-based photographer and story teller
4 comments
  1. Duh Kak, foto-fotonya..meruntuhkan iman pengen belanja…

    1. Kayaknya foto2 mu lebih mennggoda deh mbak. ha2…

  2. Aku mau mampir lagi ah hehehe

    1. ya iyalah, menang voucher gitu loh. ya pasti mampir lagi

What's on your mind